ANALISIS SWOT

ANALISIS SWOT

1. Analisis SWOT

Pengertian Analisis SWOT

Analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity and Threat) adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut.

Tujuan Analisis SWOT

Analisis SWOT dilakukan untuk mengidentifikasi kondisi internal dan eksternal yang terlibat sebagai inputan untuk perancangan proses sehingga proses yang dirancang dapat berjalan optimal, efektif, dan efisien.

Penjabaran Analisis SWOT

S = Strength merupakan kondisi internal yang menunjang suatu organisasi untuk mencapai objektif yang diinginkan

W = Weakness merupakan kondisi internal yang menghambat suatu organisasi untuk mencapai objektif yang diinginkan

O = Opportunity merupakan kondisi eksternal yang menunjang suatu organisasi untuk mencapai objektifnya

T = Threat merupakan kondisi eksternal yang menghambat suatu orgaisasi untuk mencapai objektifnya

SWOT singkatan dari strength, weakness, opportunity, dan threat atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman.

  • Kekuatan merupakan hal yang positif yang sifatnya dari dalam/internal
  • Kelemahan merupakan hal yang negatif yang sifatnya dari dalam/internal
  • Kesempatan merupakan hal positif yang sifatnya dari luar/eksternal
  • Ancaman merupakan hal negatif yang sifatnya dari luar/eksternal

Dalam merencanakan sesuatu misal rencana pribadi atau rencana organisasi, sering digunakan analisis SWOT untuk mempertimbangkan segala potensi yang timbul dan melihat segala kemungkinan yang ada. Dengan demikian, perencanaan akan menjadi efektif dan terukur.

2. Matrix Strategi

Berikut merupakan illustrasi dari strategi pada SWOT

Strategi Kekuatan-Kesempatan (S dan O)

Dalam strategi ini menggunakan kekuatan atas peluang yang ada digunakan untuk memenuhi segmen pada pasar.

Strategi Kelemahan-Kesempatan (W dan O)

Dalam strategi ini kesempatan yg terdentifikasi tidak dapat dimanfaatkan untuk kelemahan perusahanaan

Strategi Kekuatan-Ancaman (S atau T)

Dalam strategi ini, kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan di gunakan untuk mengetahui dan mengatasi suatu ancaman.

Strategi Kelemahan-Ancaman (W dan T)

Dalam strategi ini, untuk menghadapi ancaman dan sekaligus kelemahan intern, salah satu strategi yang biasa digunakan adalah dengan menjalin hubungan kerjasama dengan perusahaan yang lebih kuat agar kelemahan dan ancaman dapat teratasi.


3. Hasil Studi Kasus Yang Telah Ada


1. Strategi pemasaran Restoran Kampung Laut di Semarang dengan menggunakan analisis SWOT

Oleh : Yoseph Steven Kartono (33403121), Diana Subroto (33404067) Normal0 falsefalsefalse INX-NONEX-NONE MicrosoftInternetExplorer4

Dewasa ini persaingan bisnis restoran semakin marak dengan munculnya banyak restoran yang menyajikan konsep beragam jenis, maka pelaku bisnis restoran harus mempertahankan eksistensi produk dengan menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi pemasaran Restoran Kampung Laut melalui Analisis SWOT. Manfaat penelitian ini adalah sebagai masukan bagi Restoran Kampung Laut untuk dapat memaksimalkan srategi pemasaran. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Hasil tersebut diolah menggunakan Analisis SWOT yang didasarkan tujuh strategi pemasaran yaitu: produk, harga, saluran distribusi/lokasi, promosi, presentasi, sumber daya manusia, dan proses. Dari hasil analisis didapatkan strategi pemasaran baru antara lain produk: membuat menu of the day; harga: membuat sistem menu paket hemat, menjalin kerjasama dengan bank untuk pemberian diskon harga; promosi: melakukan promosi melalui internet; saluran distribusi/lokasi: membuat tempat untuk memperlebar usahanya dengan menggunakan lahan milik sendiri; sumber daya manusia: membuat struktur organisasi yang jelas; proses: menyediakan fasilitas delivery order; presentasi: membuat sistem komputerisasi di beberapa sudut.

2. Strategi Pengembangan Siaran PT.Radio Brass FM Kota Kediri Terhadap Kesadaran Kolektif Pendengar Pengisi Acara Siaran Hiburan Clasic Show

Untuk metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan analisis SWOT. Data yang diperoleh akan dianalisa secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities dan Threats). Analisis SWOT adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan suatu strategi. Analisa ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan dan peluang, namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan dan ancaman. Normal0 falsefalsefalse INX-NONEX-NONE MicrosoftInternetExplorer4 Dari analisa yang dilakukan diperoleh hasil bahwa identifikasi antara kekuatan dan kelemahan menghasilkan nilai sebesar 2,28 dan identifikasi peluang dan ancaman menghasilkan nilai 0,82, jika hal tersebut digambarkan pada diagram Swot analisis maka terletak pada kwadran I . Adapun strategi pada kwadran tersebut adalah strategi agresif. Bila ditinjau dari beberapa segi kelemahannya, Radio Brass FM secara berkesinambungan masih perlu berbenah diri; artinya, mengejar ketinggalan dari radio-radio swasta di Kota Kediri khususnya, lebih unggul dalam penyajian acara, dikenal masyarakat luas, dipercaya oleh pihak sponsor atau jasa periklanan dan mendapat respon pendengar yang cukup lumayan. PT Radio Bras FM dengan kekuatan yang ada harus mampu meraih peluang dengan harapan untuk meminimalkan ancaman dari radio radio pesaing. Jadi PT. Radio BRASs FM harus menggunakan strategi yang paling cocok, yang perlu ditempuh guna meningkatkan mutu siaran, agar Radio BRASs FM dapat lebih lebar dalam mengembangkan sayapnya.

3. Penentuan Strategi Pemasaran Handycraft Dengan Analisis SWOT (Studi Kasus UD. Wapres, Pekalongan)

PRASETYO , BUDI (2009) PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN HANDYCRAFT DENGAN ANALISIS SWOT (Studi Kasus UD. Wapres, Pekalongan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

UD. Wapres adalah perusahaan handycraft berbahan dasar tempurung kelapa dan enceng gondok berorientasi ekspor. Sejalan dengan perubahan zaman yang semakin maju, maka akan muncul kendala atau tantangan usaha yang berasal dari berbagai faKtor atau lingkungan perusahaan, pada dasarnya perusahaan memiliki lingkungan yang sangat luas dan komplek yang akhirnya kuat ataupun lemah dapat berpengaruh terhadap perusahaan yang bersangkutan. Berkaitan dengan hal tersebut, maka perusahaan membutuhkan suatu analisis perencanaan strategi, yang bertujuan agar dapat memperoleh keunggulan dalam bersaing dan memungkinkan manajemen perusahaan untuk mengantisipasi berbagai perubahan kondisi lingkungan internal maupun eksternal. Dalam rangka merumuskan atau menetapkan strategi di bidang pemasaran dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Analisis SWOT (Strength, Weakneses, Opportunities, Threath) yaitu identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Sebelum masuk pada analisis SWIT untuk merumuskan strategi pemasaran yang tepat, maka perlu diketahui apa yang menjadi faktor internal dan eksternal perusahaan, maka ditentukan rating dan bobotnya sehingga diperoleh skor faktor internal = 1,75 dan faktor eksternal = 0,5. jadi, berdasarkan kedua titik tersebut maka UD. Wapres berada pada kuadran I, artinya UD. Wapres memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy).

4. Analisis SWOT Pengembangan Peternakan Ruminansia Berdasarkan Potensi Hijauan Pakan Menggunakan Bahasa Pemograman Visual Basic 6.0

NENENG LASMANAWATI. D24102067. 2006. Analisis SWOT Pengembangan Peternakan Ruminansia Berdasarkan Potensi Hijauan Pakan Menggunakan Bahasa Pemprograman Visual Basic 6.0. Skripsi. Program Studi Nutrisi dan Makanan Ternak, Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor

Pengembangan peternakan mempunyai peranan yang sangat baik di masa depan karena permintaan bahan-bahan berasal dari ternak akan terus meningkat seiring dengan peningkatan jumlah penduduk, pendapatan dan peningkatan kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi pangan bergizi tinggi sebagai pengaruh dari naiknya tingkat pendapatan rata-rata penduduk. Sumberdaya ternak ruminansia merupakan komponen penting dalam suatu sistem usaha tani di berbagai tempat di Indonesia. Pemanfaatan, pengembangan dan pengelolaan sumberdaya ternak secara rasional memerlukan data dan informasi mengenai potensi wilayah, faktor internal dan eksternal wilayah yang menentukan strategi pengembangan peternakan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat perangkat lunak (software) analisis SWOT pengembangan peternakan ruminansia berdasarkan potensi hijauan menggunakan bahasa pemprograman Visual Basic 6.0 serta untuk merekomendasikan alternatif strategi pengembangan peternakan ruminansia disuatu wilayah. Penelitian diimplementasikan dalam bentuk perangkat lunak (software) komputer yang disusun dengan bahasa pemprograman Visual Basic 6.0 dan ditunjang dengan sistem basis data dari Microsoft Acces. Data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Penelitian dilakukan di Laboratorium Komputer Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan, Fakultas Peternakan IPB. Aplikasi program analisis SWOT ternak ruminansia ini menyajikan informasi potensi dasar faktor-faktor internal dan eksternal penentu strategi suatu wilayah yang dapat digunakan dalam penentuan strategi pengembangan peternakan ruminansia. Selain itu, informasi lain yang mendukung diantaranya kondisi umum wilayah, kondisi umum peternakan dan informasi potensi hijauan pakan


5. Analisa Strategi Pengembangan Pada Rumah Sakit Umum Kota XYZ

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh RSUD Kota XYZ, untuk meningkatkan pangsa pasar dalam industri kesehatan selayaknya memiliki strategi yang tepat dan akurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor eksternal dan internal RSUD Kota XYZ serta untuk mengetahui strategi bersaing RSUD Kota XYZ ke depannya.

Jenis penelitian ini digolongkan kepada penelitian deskriptif, dengan menggunakan metode analisa kualitatif (analisa SWOT), yaitu memandingkan antara faktor eksternal dengan faktor internal dalam bentuk matriks EFAS dan matriks IFAS, kemudian disatukan dalam penempatan posisi sembilan sel pada I-E matriks.

Hasil dari pembahasan analisa data maka diperoleh skor tertimbang untuk analisa internal adalah 3,05 dan skor tertimbang untuk analisa eksternal adalah 2,85. Berdasarkan komposisi ini maka RSUD Kota XYZ berada pada ruang IV pada I-E matriks yang merupakan posisi pada growth and build, pada posisi ini strategi yang tepat digunakan adalah strategi intensif atau integratif.

http://www.judulskripsi.org/analisa-strategi-pengembangan-pada-rumah-sakit-umum-kota-xyz/

http://etd.eprints.ums.ac.id/6677/

http://iirc.ipb.ac.id/jspui/bitstream/123456789/2574/1/2006nla_abstract.pdf

http://tesis-ilmiah.com/MAN-4.htm

0 komentar:

Poskan Komentar

Write here, about you and your blog.
 
Copyright 2009 mustika sari All rights reserved.
Blogger Templates created by Deluxe Templates | Blogger Styles
Wordpress Theme by EZwpthemes